Thursday, March 4, 2010

Arti Sebuah Masalah

Setiap manusia yang hidup di dunia pastilah memiliki masalah masing - masing , entah itu besar atau kecil tak terkecuali siapapun. Dan semua orang pada umumnya sangat membenci sekali dengan datangnya suatu masalah. Padahal jika kita amati dan telaah lebih dalam lagi setiap masalah,datang ketika kita berada dalam suatu proses untuk mencapai suatu tujuan atau cita - cita. Seperti ketika kita  hendak dipromosikan oleh atasan, pastilah sebelum hal itu terjadi, beban pekerjaan dan masalah pada pekerjaan kita meningkat,seperti bertambahnya jumlah laporan, waktu kerja yang semakin banyak , tanggung jawab yang di pegang bertambah besar dll.Semua itu adalah berbagai bentuk masalah yang kemungkinan akan kita hadapi. Namun di balik itu semua jika kita dapat melewati dan menyelesaikannya dengan baik akan ada sebuah kejutan atau hadiah indah yang menanti kita di akhir.

Masalah merupakan bagian penting dari sebuah roda kehidupan. Dan pada dasarnya manusia adalah makhluk  yang hanya dapat tumbuh dan berkembang dengan adanya suatu masalah.Jika tak ada masalah maka sulit rasanya bagi manusia untuk menjadi individu yang lebih baik dari sebelumnya. Coba anda bayangkan bagaimana rasanya jika setiap kali kita menginginkan sesuatu, keinginan tersebut langsung dapat terpenuhi  tanpa adanya suatu proses perjuangan yang melibatkan masalah didalamnya ?mungkin sekali dua kali akan terbayang betapa indahnya hidup ini, tapi jika hal itu terjadi secara terus menerus dalam kehidupan ini, maka tak akan ada peningkatan dari kualitas diri yang anda miliki atau bahkan malah menurun. Dan parahnya lagi anda akan kehilangan arti dari sebuah kehidupan, merasakan betapa hambar serta tak menariknya dunia ini.Bahkan mungkin sebagian besar dari anda akan memilih mengakhiri hidup karena tak ada lagi yang mesti anda capai dan perjuangkan sebab semuanya bisa secara langsung anda dapatkan.

Jadi sebenarnya masalah ada di dunia ini adalah memiliki tujuan fungsi tersendiri untuk kehidupan manusia, yaitu untuk menjaga kehidupan agar tetap aktif dan berpikir kreatif agar dapat melangkah maju menuju ke arah yang lebih baik dari sebelumnya. Hanya tergantung bagaimana manusia tersebut menyikapi setiap masalah yang datang. Setiap kejadian tergantung ataupun peristiwa jika di sikapi dengan cara yang berbeda maka akan menghasilkan respon atau tindakan yang berbeda dan dengan adanya respon atau tindakan yang berbeda maka akan menghasilkan hasil yang berbeda pula.

Setelah membaca berbagai buku motivasi dan pengembangan diri, pada artikel ini saya akan coba menguraikan secara singkat, langkah - langkah yang sebaiknya anda lakukan untuk menyikapi masalah yang datang dalam kehidupan anda.Langkah - langkahya yaitu :
  1. Kenalilah secara jelas apa sebenarnya yang menjadi masalah anda, kebanyakan orang tidak mengenali secara jelas apa masalah yang dialaminya dan bahkan parahnya lagi banyak yang mencoba mencari kambing hitam atas masalah yang dihadapinnya, hal tersebut sungguhlah sangat tidak tepat. Ingat tanpa mengenali masalah yang jelas maka mustahil rasanya untuk dapat menemukan solusi dari permasalahan yang ada, bagaikan seorang dokter yang ingin memberikan resep untuk pasiennya tanpa tahu apa sebenarnya penyakit yang di derita pasien tersebut, maka tak akan sesuai dan bergunalah resep yang akan diberikannya.
  2. Milikilah keyakinan diri yang tinggi.Siapakah yang selayaknya pertama kali harus paling meyakini dan mempercayai atas kemampuan diri anda..? Tentulah harus di mulai dari diri anda sendiri. Janganlah berharap orang lain dengan kemampuan yang anda miliki jika diri anda sendiri tidak yakin dengan kemampuan yang anda miliki.Ingatlah besar kecilnya diri anda akan sangat bergantung dari besar kecilnya keyakinan dan kepercayaan diri yang anda miliki.Selalulah yakin pada kemampuan anda untuk dapat menyelesaikan setiap masalah yang datang menghampiri anda.Keyakinan diri yang tinggi akan memberikan anda energi yang lebih ketika anda menghadapi setiap masalah yang di hadapi.
  3. Berfokuslah pada solusi dari sebuah permasalahan, jangan hanya terpaku diam pada permasalahan yang ada tanpa memikirkan pemecahannya. Kebanyakan orang yang ada, ketika dihadapkan pada suatu masalah, hanyalah diam, mengeluh pada masalah yang di hadapinya hingga mengalami ketakutan sendiri dan menunggu nasib menghakiminya.Padahal Tuhan menciptakan manusia dengan kekuatan berpikir kreatif yang luar biasa besarnya, jika kita hanya berkutat dengan masalah yang ada hal itu justru akan menutup kreatifitas otak kita untuk berfikir dan berkembang. Maka sebaiknya, bersikaplah tenang dan berfokuslah anda dalam mencari solusi dari setiap permasalahan yang ada.
  4. Ambilah hikmah dari setiap masalah yang datang. Setelah masalahyang menimpa anda berakhir maka hal yang harus anda lakukan adalah berusaha mencoba mensyukuri atas apa yang menjadi masalah anda. Ingatkankepada diri anda secara terus menerua bahwa setiap masalah yang ada pastilah akan membawa hikmah yang mengarahkan kita kepada perbaikan diri, setelah masalah itu berakhir pastilah ada kemudahan yang akan anda peroleh.
Pesan :
Cobalah untuk berpikir positif setiap kali masalah datang dalam kehidupan anda. Ingat setiap masalah yang datang akan membawa kemajuan pada perkembangan diri anda. Pada hakekatnya, adanya masalah membuat kehidupan anda menjadi indah untuk disyukuri.
( sumber : topmotivasi.com )

No comments: