Sunday, March 7, 2010

Budi Penjaja Kue

Untuk menghidupi keluarganya budi berusaha membantu ibunya menjajakan kue bikinan ibunya sendiri. Di depan toko ada seseorang yang sepertinya sedang menunggu temannya si budi pun berusaha menawarkan.
Budi : " Om mau beli kue buatan ibu ku gak, enak lho rasanya "
Om  : " Maaf ya dek saya sudah lapar banget kalo cuma kue saya masih kurang, q mau makan ke warung aja."
Setelah keluar dari warung budi pun tidak putus asa untuk menawarkannya lagi, karena merasa kasihan si OM  berkata : " Ya sudah ini ada uang 2 ribu saya sedekahkan buat kamu"

Uang itupun di terima budi tapi karena ada nenek yang lagi meminta - minta uang itupun akhirnya diserahkan pada sang nenek. Kebetulan si om melihatnya, trus bertanya : " Kenapa dek uang yang om kasih tadi kok malah di berikan pada sang nenek bukanlah kamu lagi membutuhkan uangnya."
Budi : " Benar om saya memang lagi membutuhkan uangnya tapi kata om tadi buat sedekah ya sudah makanya saya sedekahkan pada nenek tadi, saya di ajarkan ibu buat bekerja menjual kue ini bukan untuk mencari uang dari belas kasihan."

Si Om berkata dalam hati : " Sungguh luar biasa anak kecil ini walaupun miskin harta tetapi dia kaya hati".Banyak pelajaran yang dapat q dapat darinya dan akhirnya si om pun membeli semua kuenya bukan karena kasihan tapi karena ia telah menyadarkan dirinya bahwa kita harus berusaha dengan keringat sendiri untuk mendapatkan uang serta semangat yang di milikinya.

No comments: